Buah Naga, Buah berhasiat

Posted: Oktober 28, 2008 in Kesehatan
Tag:, ,

lezat berkhasiat

Mungkin dari kita banyak yang belum mengetahui akan khasiat dari buah naga. buah yang bernama latin Hylocereus undatus ini memang belumbanyak yang mengenal. Dari namanya saja serasa mengerikan, jelas mungkin orang akan menganggap buah ini beracun atau berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi itu janganlah dijadikan alasan untuk menganggap bahwa buah ini berbahaya.

Sesungguhnya buah sangatlah berhasiat. Dulu buah ini hanya ada di israel, thailand, australia, dan vietnam, tetapi sekarang sudah merabah di indonesia dan mungkin sudah banyak orang yang tau akan khasiatnya.

Pada umumnya, buah naga dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, hal ini karena kandungan airnya yang sangat tinggi (90,2 persen) dari berat buah, serta rasanya cukup manis karena kadar gulanya mencapai 1318 briks.

Secara amnya, pakar sependapat dan mengakui buah naga kaya dengan potasium, ferum, protein, serat, sodium dan kalsium yang baik untuk kesehatan berbanding buah-buahan lain yang diimport.

Mengikut wakil Johncola Pitaya Food R&D, syarikat penanaman dan penyelidikan buah naga merah terbesar di negara ini, AL Leong, buah kaktus madu itu cukup kaya dengan pelbagai zat vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan daya tahan dan mengurangi metabolisme dalam tubuh manusia.

Kajian menunjukkan buah naga merah ini sangat baik untuk sistem peredaran darah. Ia juga memberi tindak balas memberangsangkan untuk mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah.

Kajian juga menunjukkan buah ini bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan pada masa sama menurunkan kadar lemak dalam badan, katanya.

Secara keseluruhan, setiap buah naga merah mengandung protein yang mampu mengurangi metabolisme badan dan menjaga kesehatan jantung; serat (mengawal kanker usus, kencing manis dan diet); karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan menghalang penyakit); kalsium (menguatkan tulang) dan fosferos (pertumbuhan tisu badan).

Buah naga juga mengandung zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 (mengawal kepanasan badan); vitamin B2 (menambah selera); vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s