Rasulullah, The Great Bisnisman

Posted: November 1, 2008 in Agama
Tag:, , , , ,

Rosulullah adalah seseorang yang di utus oleh allah kepada umat manusia agar mereka manusia mau beriman pada allah sebagai penciptanya. Selain itu juga agar seluruh umat manusia menjadikan rosulullah sebagai suri tauladan yang baik untuk segala bidang seperti : adab, bisnis,dll. Rosulullah adalah satu-satunya manusia di dunia yang paling istimewa, sejak dini beliau sudah mempunyai 4 karakter yang baik (amanah, fatonah, tabligh, siddiq) yang semua itu tidak mungkin bisa di kuasai oleh setiap orang

Beliau sangat murah hati, beliau juga tak pernah dendam kepada seorang meskipun dia pernah mencelakakanya. Beliau tidak pernah bohong , sehingga beliau di juluki dengan ” Al Amin ” yang artinya adalah orang yang terpercaya.

Semenjak di tinggal oleh kakeknya, abdul muthalib, beliau di asuh oleh pamannya abu thalib. Dia adalah seorang pedagang dari Mekah. Sejak berumur 12 tahun beliau sudah diajari berdagang oleh pamannya. Beliau diajak pergi berdagang ke syam olehnya. selama dalam perjalanan beliau dan pamannya tidak pernah merasa kepanasan, tetapi cuaca pada waktu itu adalah sangat panas karena selama dalam perjalanan beliau selalu diikuti oleh awan yang melindung beliau dari kepanasan.

Prof. Aflazul Rahman mengatakan dalam bukunya “Muhammad: A Trader” bahwa Rasulullah SAW adalah pebisnis yang jujur dan adil dalam membuat perjanjian bisnis. Ia tidak pernah membuat para pelanggannya mengeluh. Dia sering menjaga janjinya dan menyerahkan barang-barang yang dipesan dengan tepat waktu. Muhammad SAW pun senantiasa menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar dan integritas yang tinggi dalam berbisnis. Dengan kata lain, beliau melaksanakan prinsip manajemen bisnis modern yaitu kepuasan pelanggan (customer satisfaction), pelayanan yang unggul (service exellence), kemampuan,efisiensi, transparansi (kejujuran), persaingan yang sehat dan kompetitif.

Dalam menjalankan bisnis, Muhammad SAW selalu melaksanakan prinsip kejujuran (transparasi). Ketika sedang berbisnis, beliau selalu jujur dalam menjelaskan keunggulan dan kelemahan produk yang dijualnya. Ternyata prinsip transparasi beliau itu menjadi pemasaran yang efektif untuk menarik para pelanggan. Beliau juga mencintai para pelanggannya seperti mencintai dirinya sehingga selalu melayani mereka dengan sepenuh hatinya (melakukan service exellence) dan selalu membuat mereka puas atas layanan beliau (melakukan prinsip customer satisfaction).

Dalam melakukan bisnisnya, Muhammad SAW tidak pernah mengambil margin keuntungan sangat tinggi seperti yang biasa dilakukan para pebisnis lainnya pada masanya. Beliau hanya mengambil margin keuntungan secukupnya saja dalam menjual produknya.Ternyata kiat mengambil margin
keuntungan yang dilakukan beliau sangat efektif, semua barang yang dijualnya selalu laku dibeli Orang-orang lebih suka membeli barang-barang jualan Muhammad daripada pedagang lain karena bisa mendapatkan harga lebih murah dan berkualitas. Dalam hal ini, beliau melakukan prinsip persaingan sehat dan kompetitif yang mendorong bisnis semakin efisien dan efektif.

Siapa yang tidak tersanjung dan terkesima dengan apa yang telah dilakukan oleh junjungan kita. Mungkin kita akan mengangapnya asing atau suatu hal baru, karena hanya sedikit saja orang yang mau melakukan hal seperti ini di zaman modern seperti sekarang.

Lihat saja di negri kita ini , tempe yang menjadi makanan sehari-hari bangsa kita sekarang sudah mulai dicemari. Tempe yang bahan bakunya adalah kedelai, sekarang mulai dicemari dengan singkong, atau bahkan nasi yang sudah basi. Sungguh sangat tragis memang negri kita ini.

Krisis di dunia sekarang ini cukup membuat ekonomi setiap negara di dunia kocar-kacir, apalagi amerika yang dulu mengaku sebagai negara adi kuasa sekarang hanyalah sebuah negara pisang yang telah runtuh.

Prinsip ekonomi syariah, adalah jalan buntu yang harus harus di tempuh oleh setiap negara demi menormalkan kembali perekonomian setiap negara. Karena prinsip yang menggunakan dasar-dasar hukum islam ini mengandung buih-buih kesuksesan dan keadilan rasulullah SAW.

Komentar
  1. umybilqis mengatakan:

    Assalamualaykum..
    artikelnya bagus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s