Pemantauan kualitas S. Brantas oleh SMAN 2 Jombang

Posted: Februari 14, 2010 in Kesehatan, pendidikan
Tag:, , , , , ,

Kali ini Anak anak SMAN 2 Jombang khususnya kelas  x-3 mengadakan sebuah observasi alam untuk mengetahui tingkat kualitas air di sungai Brantas, Kesamben Jombang. Dalam acara ini kami berada pada naungan JKPKA ( Jaring Jaring Komunikasi pemantauan kualitas air ) cabang SMAN 2 Jombang. Sehari sebelum observasi dimulai kami diberi pengarahan terlebih dahulu oleh bapak/ibu guru yang merupakan wakil dari organisasi JKPKA. Kami diajarkan bagaimana cara meneliti kualitas air sungai secara biologi.

Sebenarnya ada 2 macam metode yang bisa digunakan untuk mengetahui kualitas air di suatu sungai yaitu Secara Biologi atau Kimia, pada kali ini kami hanya menggunakan metode biologi yang relative mudah dan tidak rumit. Perbedaan observasi secara Biologi dengan Kimia adalah pada indicator yang digunakan dalam observasi.  Indikator yang digunakan pada observasi Biologi merupakan biatang binatang air yang hidup di sekitar sungai tersebut.  Setiap binatang memeiliki nilai point yang semakin banyak nilai poin dari binatang tersebut maka kualitas air dalam sungai tersebut baik dan sebaliknya.

Sebagai rintisan sekolah bertaraf internasional, kegiatan seperti ini mutlak harus diberikan karena untuk mengasah kemampuan siswa dalam meneliti alam. Dengan adanya penelitian penelitian tersebut diharapkan munculnya inovasi baru dari setiap siswa untuk mengubah alam kita ini yang semakin tak karuan khususnya pencemaran baik itu darat, udara maupun air.

Selain itu juga, diharapkan agar siswa semakin cinta lingkungan agar kelak kerusakan yang ada ini tidak tambah parah  atau bahkan bisa ditanggulangi dengan baik. amin!!

Sukses buat Armada x-3

Heal The World

Ini adalah hasil kerja dari kelompok kami:

Nama Sekolah : SMAN 2 Jombang
Tanggal Posting : 15-12-2009
Lokasi Pemantauan : kali Brantas, kec. Kesamben Jombang
Tanggal Pemantauan : 14-11-2009
Pukul : 09.00 – 11.00 WIB
Jumlah Total Skor : 41
Jumlah tipe binatang : 10
Indeks Kualitas Air : 4.1
Kesimpulan : Kotor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s