Rencana Perombakan Kurikulum Di SMAN 2 Jombang Tahun Ajaran 2010/1011.

Posted: Mei 23, 2010 in opini, pendidikan
Tag:, , , , , , , ,

Kabar berita yang mencuat dan sedang hangat hangatnya ini tersebar bebas di kalangan guru atau murid SMAN 2 jombang. Perombakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan taraf kecerdasan siswa serta sebagai tanggapan diberikannya gelar RSBI kepada SMAN 2 jombang.  Menanggapi tahun pertama diberikannya gelar RSBI kepada SMAN 2 yang dirasa gagal dalam membentuk siswa yang benar berstandar internasional, para guru mulai mencari solusi untuk mengatasi hal ini.  Dalam mengatasi hal ini, beberapa sistem mulai di ubah, yaitu:

Menggunakan sistem pembelajaran online di kelas berbasis web.

Salah satunya yang di anggap efektiv adalah sistem pembelajaran online, dimana siswa difasilitasi internet untuk mengakses sebuah web yang ditunjukan oleh gurunya kemudian siswa diharuskan untuk merangkum isi web.  Hal ini dianggap sangat efektiv karena:

  1. Sumber yang ada di buku paket milik individu tidaklah lengkap. Untuk menjadi tambahan, guru akan menyarankan siswanya untuk mendownload ataupun membuka website yang bersangkutan sebagai tambahan materi pelajaran. Dengan begini, setidaknya siswa sudah mengetahui sumber sumber lain tentang suatu materi pelajaran.
  2. Model pembelajaran internet yang dikembangkan di SMAN 2 jombang adalah berbasis Blog. Dengan sistem, setiap mata pelajaran atau guru akan memiliki satu buah blog yang mana blog tersebut berisikan tugas, materi, atau selainnya yang bisa di akses siswa setiap waktunya. Jadi, seorang guru juga mungkin memberikan tugas di sekolah meskipun guru tersebut tidak masuk.
  3. Sistem personal chat antara guru dan murid akan mengatasi beberapa kelemahan selama ini. Ada kebanyakan anak yang sebenarnya ia tak paham tentang sebuah bab, malah diam saja tidak aktiv bertanya karena malu. Akibatnya pembelajaran juga tidak akan efektiv. Dengan personal chat antara guru dan murid mungkin kesulitan ini akan teratasi.

Dalam penerapan sistem pembelajarn seperti ini akan menuntut sistemn akses internet supercepat. Ketika akses internet lambat, sistem pembelelajaran online akan terhambat, kerena menyita waktu ketika mencari sebuah web tertentu.

Menggunakan kurikulum Cambridge yang sama dengan kurikulum internasional untuk pelajaran MIPA.

Sistem kurikulum yang ada berlaku di indonesia adalah sistem KTSP. SMAN 2 menganggap perlu adanya perombakan kurikulum menjadi lebih baik. Sebagai tanggapan gelar RSBI yang disandang, akhirnya sekolah memilih sistem kurikulum sama seperti sistem kurikulum internasional yaitu Cambridge.

Hal yang begitu professional. Untuk itu untuk tahun ajaran baru nanti buku yang digunakan bukanlah buku lokal lagi tapi cambridge. Dimana setiap katanya adalah berbahasakan inggris untuk pelajaran MIPA. Sedangkan untuk IPS nya masih menggunakan kurikulum lama dan berbahasakan indonesia.

Salah satunya kelemahan  dari kurikulum ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris, untuk itu siswa tidak akan bisa memahami suatu kalimat secata langsung melainkan harus menterjemahkannya lebih dahulu. Ketika menemui kata yang tidak bisa diterjemahkan siswa akan mencari arti kata tersebut di kamu. Dan sanyangnya hal itu membuang banyak waktu. Selain itu, seorang guru di tuntut untuk menguasai bahasa inggris agar dapat menjelaskan isi buku.

Komentar
  1. DiNa mengatakan:

    ApakaH ia Akn d rOmbaK?// aq YaNg muRiD AjA gAg TaU….

    • farid nizar mengatakan:

      bilanynya dulu sih maunya di rombak… mbak.. mr.kayis yang bilang…. tapi mungkin untuk tahun ini masih belom kayaknya? masih lom siap.

      aku juga muridnya kok…. namanya aja masih rencana

  2. Mehilda Rosdaliva mengatakan:

    Memang, rencana yang dibuat seperti itu kog,
    mulai saat ini kan sudah mulai ada bukti… ^^
    adminnya ini kelas berapa ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s